Tangkuban Perahu: Wisata yang Menggabungkan Petualangan dan Keindahan Alam

Rated 5 out of 5
1 ulasan

Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini dikenal dengan keunikan bentuknya yang menyerupai perahu terbalik, dengan tiga kawah utama yang masing-masing bernama Ratu, Upas, dan Domas. Selain menjadi objek wisata yang populer, Tangkuban Perahu juga memiliki sejarah dan asal-usul nama yang menarik untuk dibahas.

Sejarah Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang masih aktif dan terletak di Lembang yang berlokasi sekitar 20 km dari pusat kota Bandung. Gunung ini diyakini sudah aktif sejak 90.000 tahun yang lalu, dengan erupsi terakhir tercatat pada tahun 2019.

Asal-usul nama dari Tangkuban Perahu berasal dari legenda Sangkuriang yang terkenal. Menurut legenda ini, Gunung Tangkuban Perahu terbentuk dari sebuah perahu yang ditendang terbalik oleh Sangkuriang karena cintanya ditolak oleh ibunya sendiri, Dayang Sumbi.

Daya Tarik Gunung Tangkuban Perahu

Keindahan Alam di Lokasi Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu, Bandung

Gunung Tangkuban Perahu menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Dari ketinggian, para wisatawan dapat melihat kawah-kawah yang menyerupai ceruk besar dengan dinding-dinding yang curam dan berbatu. Terdapat total 13 kawah disini, namun pengunjung biasanya hanya mengunjungi 3 kawah utama yaitu, Ratu, Upas, dan Domas.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam disekitar gunung, seperti hamparan perkebunan teh yang hijau dan hutan pinus yang rimbun.

Flora dan Fauna Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat menarik untuk dijelajahi. Beberapa jenis flora yang dapat ditemukan di sekitar gunung adalah bunga anggrek, pakis emas, dan pandan hutan.

Sedangkan fauna yang sering terlihat di sekitar Tangkuban Perahu adalah lutung, elang hitam, dan berbagai jenis burung seperti titiran dan tekukur.

Spot foto Instagramable di Kawah Ratu

Kawah Ratu adalah salah satu kawah yang paling terkenal di Tangkuban Perahu dan menawarkan banyak spot foto yang menarik. Ada beberapa alasan kenapa Kawah Ratu memiliki daya tarik tersendiri sebagai spot foto terbaik di Tangkuban Perahu:

Pemandangan alam yang spektakuler

Kawah Ratu menawarkan pemandangan alam yang sangat spektakuler dengan latar belakang gunung dan lembah yang hijau. Kamu dapat mengambil foto di tepi kawah dengan latar belakang pemandangan alam yang menakjubkan.

Kawah Ratu, Tangkuban Perahu

Efek asap dan kabut

Asap yang masih terus mengepul dari kawah serta efek kabut dari udara dingin ini akan menambah nilai estetika dalam foto kamu.

Warna air kawah yang berbeda-beda

Air di Kawah Ratu memiliki warna yang berbeda-beda, mulai dari hijau tua hingga coklat kehitaman. Warna air yang unik ini dapat menambah daya tarik visual dalam foto kamu.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Gunung Tangkuban Perahu

Trekking

Trekking adalah salah satu aktivitas yang paling populer di Tangkuban Perahu. Para wisatawan dapat berjalan kaki menelusuri jalur-jalur trekking yang ada di sekitar gunung. Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Trekking, Tangkuban Perahu

Menikmati Pemandangan Kawah dari Ketinggian

Kawah-kawah di Tangkuban Perahu menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Kamu dapat menikmati pemandangan kawah dari dekat dengan cara berjalan kaki menuju kawah. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pemandangan kawah dari tempat pengamatan yang telah disediakan di sekitar kawah.

Memanfaatkan Air Panas dan Mandi Lumpur di Kawah Domas

Kawah Domas, Tangkuban Perahu

Lokasi Kawah Domas berjarak sekitar 1 kilometer dari Kawah Ratu. Kawah Domas merupakan satu-satunya kawah yang memiliki sumber mata air panas alami disini. Setelah puas berfoto, trekking atau berjalan-jalan, kamu bisa berelaksasi dengan berendam kaki di sumber air hangat ini sambil menikmati telur rebus yang dimasak di kolam ini.

Tak hanya berendam, kamu juga bisa memanfaatkan lumpur belerang yang dioleskan ke seluruh tubuh yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Berbelanja Oleh-oleh

Oleh-oleh, Tangkuban Perahu

Di sekitar Gunung Tangkuban Perahu terdapat berbagai toko suvenir yang menjual berbagai macam suvenir khas Tangkuban Perahu. Kamu dapat membeli berbagai macam oleh-oleh seperti topi bulu, gantungan kunci, angklung, pakaian, dan masih banyak lagi.

Wisata Kuliner Lokal di Kawah Ratu

Wisata Kuliner, Tangkuban Perahu

Di kawasan objek wisata Kawah Ratu, kamu bisa menemukan banyak warung-warung makanan yang menyajikan makanan dan minuman hangat yang cocok dinikmati saat udara dingin dengan harga yang terjangkau.

Warung makan disini menjual beraneka macam makanan seperti indomie, gorengan hangat, jagung bakar, ketan bakar, oncom raos, dan sebagainya. Selain makanan lokal hangat, jangan lupa untuk mencoba segelas bandrek, susu, kopi atau teh hangat disini.

Berkeliling Naik Kuda

Berkeliling Naik Kuda, Tangkuban Perahu

Salah satu aktivitas yang bisa kamu coba adalah berkeliling kawasan wisata dengan menggunakan kuda. Mengendarai kuda di sekitar kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

Biaya untuk menyewa kuda untuk berkeliling Tangkuban Perahu beragam tergantung dari lama perjalanan dan jarak yang ditempuh. Namun, rata-rata biaya tersebut berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 150.000. Durasi perjalanan juga tergantung dari rute yang dipilih, namun biasanya berkisar antara 30 hingga 60 menit.

Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Gunung Tangkuban berada di Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk sampai ke lokasi Gunung Tangkuban Perahu ada beberapa alternatif rute yang bisa ditempuh, yaitu:

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewa dari Jakarta, ada dua rute yang bisa kamu pilih:

Jakarta – Tol Pasteur menuju ke Jalan Dr. Djunjunan – Pasirkaliki – Sukajadi – Setiabudi – Jl. Raya Lembang – Gunung Tangkuban Perahu.

Jakarta – Tol Padalarang menuju arah Cimahi – belok kiri ke arah Jalan Kolonel Masturi – sampai pertigaan Jalan Raya Lembang, belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu

Sedangkan jika menggunakan Bus atau kendaraan umum, berikut rute yang bisa kamu pilih:

Berangkat dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung) – naik bus jurusan Bandung-Indramayu – turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu.

Berangkat dari Stasiun Hall (Bandung) – naik angkot jurusan Stasiun Hall-Lembang – turun di perempatan (Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) – naik angkot jurusan Lembang-Cikole – turun di pinggir kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Tangkuban Perahu

Wisatawan Domestik

Bagi wisatawan domestik, Harga Tiket Masuk sebesar Rp 20.000 untuk hari biasa, dan Rp 30.000 untuk hari libur.

Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi, tiket masuk untuk motor sebesar Rp 12.000 dengan biaya parkir sebesar Rp 7.000. Sedangkan untuk mobil dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 dan Rp 15.000 untuk biaya parkir.

Sedangkan bus dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 110.000, dengan biaya parkir sebesar Rp 25.000.

Wisatawan Asing

Wisatawan asing dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 200.000 untuk hari biasa, dan Rp 300.000 per orang untuk hari libur.

Tips Berwisata di Gunung Tangkuban Perahu

Sebagai salah satu objek wisata populer yang dikenal karena keindahan alamnya, iklim sejuk, dan fitur geologi yang unik, berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu saat berkunjung ke Tangkuban Perahu:

Rencanakan perjalanan kamu dengan baik

Sebelum berangkat, lakukan riset tentang Tangkuban Perahu untuk mendapatkan gambaran tentang seperti apa tempat wisata ini. Cari tahu waktu terbaik untuk berkunjung, lokasi dan rute, biaya masuk, dan berbagai aktifitas yang bisa dilakukan selama kunjungan.

Kenakan masker, pakaian dan sepatu yang nyaman

Karena aktifitas vulkanik di Tangkuban Perahu masih sangat aktif, sehingga kamu masih bisa mencium bau belerang yang menyengat maka memakai masker selama di lokasi bisa membantu kamu mengatasi bau yang tercium.

Lokasi gunung yang berada di ketinggian menyebabkan udara sekitar menjadi sejuk dan cenderung dingin terutama di pagi dan sore hari. Bagi kamu yang tidak kuat akan udara dingin, disarankan untuk memakai pakaian yang tebal dan hangat.

Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu sangat luas, disarankan untuk memakai sepatu yang nyaman karena kamu akan banyak berjalan-jalan di area tersebut.

Sewa pemandu lokal

Untuk mempermudah kamu menjelajahi area-area di Tangkuban Perahu, disarankan untuk menggunakan jasa pemandu lokal. Dengan menggunakan pemandu lokal, kamu bisa dipandu untuk menuju ke tempat-tempat terbaik dengan keamanan yang terjamin.

Pesan Tour ke Tangkuban Perahu dari Bandung di sini

Hormati lingkungan dan taati peraturan

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu keajaiban alam dan penting untuk diperlakukan dengan hormat. Jangan membuang sampah sembarangan, jangan memetik bunga atau tanaman, dan jangan mengganggu satwa liar yang berada di lokasi. Hal ini akan membantu menjaga keindahan tempat ini untuk generasi yang akan datang.

Taati peraturan yang telah ditetapkan dan ikuti jalur yang telah ditentukan dan tetap berada dalam area yang telah ditentukan demi keselamatan kamu.

Mencoba makanan lokal dan berbelanja suvenir

Dengan membeli makanan dan minuman di warung-warung dan berbelanja suvenir di kios-kios kecil di area Tangkuban Perahu kamu bisa ikut membantu perekonomian penduduk sekitar.

Tempat Wisata Terdekat dari Gunung Tangkuban Perahu

Perkebunan Teh Ciater

Teh Ciater, Bandung

Hamparan hijau dari perkebunan teh yang membentang luas dan menyejukkan mata bisa menjadi pilihan tempat healing kamu saat berkunjung kesini. Berjarak hanya 25 menit berkendara motor, menjadikan spot wisata ini cocok kamu singgahi juga saat berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu.

Pemandian Air Panas Ciater

Air Panas Ciater, Bandung

Tempat ini menawarkan pengalaman menyenangkan berendam di kolam air panas alami yang dikenal memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh dan kulit karena kandungan belerang dan mineral lainnya.

Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole, Bandung

Taman bunga dan kebun anggrek yang menyediakan ratusan jenis anggrek dan tanaman bunga lainnya yang tumbuh subur di sekitar taman. Terdapat pula beberapa fasilitas seperti restoran, area bermain anak, dan tempat duduk yang nyaman untuk membuat pengunjung lebih betah berlama-lama di Orchid Forest Cikole.

Terminal Wisata Grafika Cikole

Grafika Cikole, Bandung

Kawasan wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri, serta berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan seperti flying fox, paintball, permainan tradisional, dan turun tebing.

Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata, Bandung

Adalah sebuah taman yang menawarkan pemandangan danau dan gunung yang asri dan sejuk. Cocok dijadikan tujuan wisata bagi keluarga karena cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti bersepeda, memberi makan kelinci, dan horse-riding.

Pasar Apung (Floating Market) Lembang

Floating Market Lembang

Objek wisata satu ini cocok dikunjungi bersama dengan keluarga dan anak-anak. Terdapat berbagai macam area bermain untuk anak-anak dan juga variasi makanan street food dengan harga terjangkau.

The Ranch Ciater

The Ranch Ciater, Bandung
The Ranch Ciater, Bandung

Sumber foto: instagram.com/faajarkp

Sebuah wisata peternakan yang menawarkan pengalaman berinteraksi dengan hewan ternak seperti sapi, kuda, dan domba. Wisatawan dapat menikmati kegiatan seperti bersepeda, menunggang kuda, atau bermain dengan anak-anak domba. Selain itu, Ranch Ciater juga menawarkan pengalaman yang unik dengan suasana alam pedesaan yang sejuk dan segar.

Demikianlah beberapa hal yang membuat Tangkuban Perahu menjadi tempat wisata yang sangat populer di Jawa Barat. Keindahan alamnya yang memukau, flora dan fauna yang unik, serta spot foto yang menarik membuat Tangkuban Perahu menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam.

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Gunung Tangkuban Perahu menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Dari ketinggian, para wisatawan dapat melihat kawah-kawah yang menyerupai ceruk besar dengan dinding-dinding yang curam dan berbatu.

Bagi wisatawan domestik, Harga Tiket Masuk sebesar Rp 20.000 untuk hari biasa, dan Rp 30.000 untuk hari libur.

Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi, tiket masuk untuk motor sebesar Rp 12.000 dengan biaya parkir sebesar Rp 7.000. Sedangkan untuk mobil dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 dan Rp 15.000 untuk biaya parkir.

Trekking adalah salah satu aktivitas yang paling populer di Tangkuban Perahu. Para wisatawan dapat berjalan kaki menelusuri jalur-jalur trekking yang ada di sekitar gunung.

Perkebunan Teh Ciater – hamparan hijau dari perkebunan teh yang membentang luas dan menyejukkan mata bisa menjadi pilihan tempat healing kamu saat berkunjung kesini.

Orchid Forest Cikole – taman bunga dan kebun anggrek yang menyediakan ratusan jenis anggrek dan tanaman bunga lainnya yang tumbuh subur di sekitar taman.

Bagikan Artikel Ini

Tangkuban Perahu ulasan dan tips wisata

5.0
Rated 5 out of 5
5 dari 5 bintang (berdasarkan 1 ulasan)
Luar Biasa100%
Sangat Bagus0%
Rata-Rata0%
Buruk0%
Sangat Buruk0%

Panorama yang Menakjubkan

Rated 5 out of 5
February 24, 2024

Gunung ini adalah salah satu keindahan alam di Indonesia yang sangat memanjakan mata, panorama indah dengan view asapnya serta beberapa kawah yang sedap dilihat mata. Banyak wisatawan lokal sampai mancanegara memanjakan diri mereka dengan berfoto. Rekreasi ini sangat cocok untuk keluarga dan tempatnya pun lumayan dingin, anda harus memakai pakaian yang agak tebal. Konon menurut legenda, gunung ini disebut gunung Tangkuban Perahu dari cerita rakyat yang melegenda “Sangkuriang” tentang anak yang jatuh cinta dengan Ibunya.

Avatar for Jarot Cantona
Jarot Cantona

Bagikan pengalaman dan tips wisata Tangkuban Perahu kamu!

Kembali ke daftar isi