Jalan Braga Bandung: Aktivitas Wisata, Kuliner, dan Hotel Terbaik

Rated 5 out of 5
3 ulasan

Jalan Braga merupakan salah satu landmark atau ikon Kota Bandung yang terkenal. Dulu, Jalan Braga ini dikenal dengan nama “Paris Van Java”. Salah satu daya tarik dari jalan ini, yaitu kamu bisa menemukan deretan bangunan-bangunan jaman dulu yang masih terawat dengan baik di sepanjang Jalan Braga.

Bangunan-bangunan tersebut memiliki gaya arsitektur khas kolonial Belanda masa lalu yang otentik. Jika kamu berkunjung ke Bandung, kurang lengkap rasanya jika belum menjelajahi sudut Kota Bandung yang satu ini. Berikut rekomendasi kuliner, hotel, dan aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan di Jalan Braga Bandung!

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Jalan Braga

Bersantai dan Berfoto di Taman Braga

Taman Braga, Bandung

Taman Braga merupakan taman yang terletak di persimpangan antara Jalan Braga dan Jalan Naripan. Kamu akan menemukan ikon dengan tulisan “Braga” yang berukuran cukup besar di persimpangan jalan. Ikon tersebut bisa kamu jadikan sebagai spot foto yang cukup instagramable.

Selain berfoto di spot terkenal Taman Braga tersebut, kamu juga bisa duduk bersantai di taman sambil menikmati pemandangan sekitar. Kamu bisa menikmati waktu bersantai bersama keluarga dan melihat anak-anak bermain dan berlarian di sekitar taman.

Menelusuri dan Berfoto di Sepanjang Jalan Braga

Jalan Braga Bandung

Kamu juga bisa sekedar berjalan-jalan sambil berfoto-foto di sepanjang Jalan Braga Bandung. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan Jalan Braga dengan duduk di bangku-bangku yang ada di pinggir jalan.

Jalan Braga memiliki pemandangan gedung-gedung jadul yang estetik, sehingga sangat cocok jika digunakan untuk berfoto. Di sepanjang jalan juga terdapat banyak penjual lukisan yang cantik. Jadi, selain bisa menikmati suasana Jalan Braga, kamu juga bisa membeli lukisan dari para seniman lokal tersebut.

Mengunjungi Galeri Seni

De Majestic, Bandung

De Majestic

Selain daya tarik arsitektur klasik, kafe, restoran, dan toko-toko yang unik, jalan Braga juga terkenal sebagai rumah bagi banyak galeri seni yang menampilkan karya seniman Indonesia yang luar biasa. Berikut adalah beberapa galeri seni di Jalan Braga yang dapat kamu kunjungi:

  • De Majestic – tempat bagi acara seni dan budaya seperti pertunjukan musik, teater, dan pameran seni yang dipentaskan setiap hari Selasa dan Kamis.
  • Rumah Seni Ropih – rumah seni yang memamerkan dan menjual lukisan yang sebagian besar bertema pemandangan. Pengunjung juga bisa melihat pembuatan lukisan oleh seniman secara langsung.
  • Grey Art Gallery – galeri seni yang dibuka untuk umum pada tahun 2023, menampilkan 17 seniman lokal terbaik dengan lebih dari 115 karya seni yang ditampilkan.

Berkunjung dan Berbelanja di Braga City Walk

Braga City Walk, Bandung

Favehotel di Braga City Walk.

Ketika berkunjung ke Jalan Braga, jangan lupa untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan satu-satunya yang ada di Jalan Braga, yaitu Braga City Walk. Lokasi mall ini agak tersembunyi, yaitu terletak di antara restoran Wendy’s dan Starbucks.

Kamu bisa berbelanja aneka barang di mall ini. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di dalam mall serta menonton film di bioskop.

Berkunjung ke Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Jalan Braga Bandung, yaitu mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika. Museum ini terletak di persimpangan antara Jalan Braga dan Jalan Asia Afrika. Dulu, museum ini digunakan sebagai tempat berkumpul dan membuat keputusan para pemimpin Negara-Negara di Asia dan Afrika.

Jika ingin mengunjungi museum ini, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Museum ini hanya buka pada hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Jam masuk museum ini juga terdiri dari 4 sesi, yaitu jam 09.00-10.00 WIB, 11.00-12.00, 13.00-14.00, dan 15.00-16.00 WIB.

Belanja di Toko Antik

Toko Antik, Bandung

Bagi kamu yang suka dengan barang-barang antik dan koleksi, Jalan Braga juga merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja. Di jalan ini,kamu akan menemukan beberapa toko-toko antik yang menjual berbagai macam barang langka dan unik, seperti perabotan rumah tangga, barang seni, dan masih banyak lagi.

Toko barang antik yang bisa kamu kunjungi di jalan Braga ini adalah Sin Sin Souvenir & Antique Shop dan Dynasty Antiques Arts & Furnitures. Jika kamu ingin mengunjungi toko barang antik lainnya kamu bisa mengunjungi Pasar Cikapundung yang letaknya hanya 5 menit berjalan kaki.

Wisata Kuliner di Jalan Braga

Warung Kopi Limarasa

Warung Kopi Limarasa, Bandung
Warung Kopi Limarasa, Bandung

Sumber foto: instagram.com/warung_limarasa

Dengan desain restoran yang modern dan nyaman untuk hangout, Warung Kopi Limarasa menyajikan menu masakan Indonesia dan Asia dengan harga yang cukup bersahabat di kantong.

Menu andalan di Warung Limarasa adalah mie merapi yang pedas dan nasi goreng dengan pilihan 5 rasa sambal. Untuk minuman, es kopi susu Limarasa adalah menu yang wajib kamu pesan untuk menemani waktu nongkrong kamu.

Warung Kopi Limarasa

Jam buka 08.00 – 23.00 WIB
Alamat Jl. Braga No.36, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111, Indonesia

Restoran Braga Permai

Restoran Braga Permai, Bandung

Sumber foto: instagram.com/bragapermaibandung

Braga Permai merupakan restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1923 dan menjadi salah satu ikon kuliner di Jalan Braga. Restoran ini menyajikan berbagai jenis masakan mulai dari hidangan Indonesia dan internasional dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 30.000.

Restoran Braga Permai

Jam buka 07.00 – 23.30 WIB
Alamat Jl. Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111, Indonesia

Canary Bakery

Canary Bakery, Bandung

Sumber foto: instagram.com/canarybakery

Selanjutnya, ada Canary Bakery yang ada di antara Jalan Braga dan Jalan Naripan yang menjadi tujuan favorit untuk sarapan pagi. Menu populer yang biasa dipesan disini adalah lontong kari, roti tosti selai kacang, aneka gorengan, dan the poci.

Selain itu, Canary Bakery merupakan kafe yang terkenal dengan menu es krimnya. Resep es krim yang ada di sini merupakan resep legendaris dari tahun 1930-an yang masih dipertahankan hingga sekarang.

Canary Bakery

Jam buka 07.00-16.30 WIB
Alamat Jl. Braga No.16, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111, Indonesia

Cara Menuju ke Lokasi dari Jakarta

Jika kamu berangkat dari arah Jakarta, berikut adalah cara yang bisa kamu tempuh untuk menuju ke Jalan Braga Bandung melalui jalur darat dan udara:

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Jika kamu berangkat dari arah Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Tol Purbaleunyi dan keluar di Exit Tol Pasteur.

Setelah itu, kamu bisa mengikuti rute ke arah Pasteur – Jl. Pasirkaliki – Jl. Pajajaran – Jl. Cicendo – Jl. Otto Iskandardinata – Jl. Kebon Jukut – Jl. Perintis Kemerdekaan – dan terakhir di Jalan Braga.

Naik Kereta Api

Apabila kamu berangkat dari arah Jakarta menggunakan kereta api, maka kamu bisa turun di Stasiun Bandung atau Stasiun Kiaracondong. Jika kamu turun di Stasiun Bandung, kamu bisa naik angkot 09 jurusan Stasiun Hall-Terminal Dago, kemudian turun di Jalan Braga.

Namun, jika kamu turun di Stasiun Kiaracondong, kamu bisa naik angkot 16 jurusan Dago-Riung Bandung, kemudian turun di Terminal Dago. Setelah itu, naik angkot 09 jurusan Stasiun Hall-Terminal Dago, kemudian turun di Jalan Braga.

Menggunakan Bus

Selanjutnya jika kamu menggunakan bus, kamu bisa turun di Terminal Cicaheum atau Terminal Leuwipanjang. Jika kamu turun di Terminal Cicaheum, kamu bisa naik angkot 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom dan turun di simpang Dago. Setelah itu, naik angkot 09 jurusan Stasiun Hall-Terminal Dago, kemudian turun di Jalan Braga.

Namun, jika kamu turun di Terminal Leuwipanjang, kamu bisa naik angkot 08 jurusan Cicaheum-Leuwipanjang, kemudian turun di Terminal Cicaheum. Setelah itu, naik angkot 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom untuk turun di simpang Dago. Terakhir, naik angkot 09 jurusan Stasiun Hall-Terminal Dago, kemudian turun di Jalan Braga.

Naik Pesawat

Jika kamu menggunakan jalur udara atau naik pesawat, maka kamu bisa turun di Bandara Husein Sastranegara. Setelah itu, kamu bisa naik ojek ke arah perempatan Jalan Padjajaran-Jalan Abdul Rahman Saleh-Jalan Aruna.

Untuk sampai ke Jalan Braga, kamu harus naik angkot jurusan Stasiun Hall-Cimahi-Padalarang menuju Stasiun Hall. Kemudian, naik angkot 09 jurusan Stasiun Hall-Terminal Dago dan turun di Jalan Braga.

Kesimpulannya, Jalan Braga tetap mempertahankan daya tariknya sebagai tempat wisata yang unik dan menarik walaupun telah mengalami perubahan dan modernisasi. Wisatawan dapat menemukan berbagai macam aktivitas di Jalan Braga, seperti berbelanja, makan di restoran atau kafe yang terkenal, atau hanya berjalan-jalan menikmati suasana yang ramai dan penuh warna. Jalan Braga adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang ingin merasakan keunikan dan keindahan pusat kota Bandung.

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Jika kamu berangkat dari arah Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Tol Purbaleunyi dan keluar di Exit Tol Pasteur. Setelah itu, kamu bisa mengikuti rute ke arah Pasteur – Jl. Pasirkaliki – Jl. Pajajaran – Jl. Cicendo – Jl. Otto Iskandardinata – Jl. Kebon Jukut – Jl. Perintis Kemerdekaan – dan terakhir di Jalan Braga.

Kamu juga bisa sekedar berjalan-jalan sambil berfoto-foto di sepanjang Jalan Braga Bandung. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan Jalan Braga dengan duduk di bangku-bangku yang ada di pinggir jalan. Selain daya tarik arsitektur klasik, kafe, restoran, dan toko-toko yang unik, jalan Braga juga terkenal sebagai rumah bagi banyak galeri seni yang menampilkan karya seniman Indonesia yang luar biasa.

Braga Permai merupakan restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1923 dan menjadi salah satu ikon kuliner di Jalan Braga. Restoran ini menyajikan berbagai jenis masakan mulai dari hidangan Indonesia dan internasional dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 30.000.

Bagikan Artikel Ini

Jalan Braga ulasan dan tips wisata

5.0
Rated 5 out of 5
5 dari 5 bintang (berdasarkan 3 ulasan)
Luar Biasa100%
Sangat Bagus0%
Rata-Rata0%
Buruk0%
Sangat Buruk0%

Braga Street

Rated 5 out of 5
February 23, 2024

Tempat ini asik banget, selain buat nongkrong buat foto2 juga kece badai. Di Jalan Braga Bandung banyak gedung2 tua yang bisa jadi spot buat foto, apalagi kalo malem huuuh seru abis bisa sambil wisata kuliner juga. Infrastuktur jalan dan area sekitar Jalan Braga juga bagus banget. Jadi buat kalian yang suka jalan2 malem tempat ini rekomendasi banget guys.

Jangan lupa selalu bawa kamera pastinya buat foto-foto dan post di sosial media.

Avatar for Moreno Konga
Moreno Konga

Braga Makin Keren

Rated 5 out of 5
February 22, 2024

Kaget banget liat perubahan Bandung terutama di Jalan Braga ini. Udah keren banget dan sangat bersih!

Di Jalan Braga Bandung banyak tempat makan yang asik buat menghabiskan malam bersama pasangan dan keluarga. Tipsnya siapkan perut kosong, karena anda pasti akan khilaf jajan disini heheehe

Avatar for Renatta
Renatta

Jalan-jalan

Rated 5 out of 5
February 21, 2024

Berjalan kaki di sepanjang Jalan Braga Bandung sambil menikmati pemandangan atau bangunan-bangunan lama di tempat ini sangat menyenangkan. Bangunan dilestarikan dengan sangat baik. Suasananya saat kesana tidak terlalu crowded jd bisa menikmati. Banyak tempat makan, cafe, tinggal pilih aja sesuai selera dan budget. Gak pernah bosen deh berkunjung ke Jalan Braga .

Avatar for Agustian
Agustian

Bagikan pengalaman dan tips wisata Jalan Braga kamu!

Kembali ke daftar isi